Pantai Goa Cemara

Rimbunan pohon cemara udang memenuhi pantai nan sejuk ini, tak heran jika kemudian dinamai Pantai Goa Cemara.
Semakin banyak restoran Goa Cemara yang dibangun seiiring meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan.
Ikan bakar menjadi salah satu menu andalan beberapa restoran di Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara.

Pantai di Bantul mempunyai tipikal sand dunes atau gumuk pasir. Hal ini karena memang letak geografis pantai di Kabupaten Bantul yang diapit dua sungai besar, yakni Opak dan Progo. Sama seperti medan di Gunungkidul, track pasir juga hanya dapat dilalui oleh mobil offroad pantai yang notabene berpenggerak ganda. Nuansa penjelajahan sangat lekat karena track yang sangat dekat dengan bibir pantai landai, jadi sesekali dapat berhenti ketika menemukan spot foto yang menarik untuk ber selfie. Yang unik adalah spot di Pantai Parangtritis, karena memang letaknya yang berbatasan langsung dengan perbukitan Gunungkidul, jadi kita bisa mendapatkan dua view tipikal pantai di dalam satu titik. Pokoknya seru dan jangan sampai terlewatkan mendapatkan pengalaman liburan yang eksklusif.

Selain obyek wisatanya yang menarik, daerah ini juga dikenal mempunyai nelayan tangguh yang bisa melewati ombak besar Samudra Hindia untuk memperoleh hasil tangkapan ikan segar yang disajikan di Goa Cemara.

Rumah Makan di Pantai Goa Cemara

Kebanyakan restoran di Goa Cemara menghidangkan menu ikan laut, meski tak jarang reguler seperti restoran pada umumnya. Menu olahan lokal menjadi andalan, selain karena memang unik, juga melimpahnya komoditas kuliner di sekitar kawasan wisata ini.
Ikan laut memang menjadi daya tarik tersendiri, selain karena memang disini terdapat aktivitas nelayan, di Goa Cemara juga terdapat TPI atau tempat pelelangan ikan terpadu. Nelayan Goa Cemara tergabung dalam kelompok tani nelayan Mino Raharjo, dengan pusat aktivitasnya masih di dalam kawasan wisata, sehingga memudahkan interaksi dengan pengunjung yang ingin melihat atau memperoleh ikan segar secara langsung dari hasil tangkapan ikan nelayan.

Pengunjung Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara bisa memperoleh ikan segar langsung dari nelayan ketika jam mendarat tiba. Ikan-ikan ini kemudian dibawa di tempat pelelangan ikan untuk kemudian diedarkan di restoran-restoran penyedia kuliner Goa Cemara.
Beberapa jenis ikan seperti bawal, layur, lobster dan lain-lain dikemas untuk kemudian di bawa ke penjual ke pabrik dan bahkan di ekspor.
Kuliner Goa Cemara beragam, namun kebanyakan berbahan baku yang bercirikan lokalitas daerah pantai, terutama di sekitar dusun Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul. Sesuai dengan hasil komoditas kebanyakan daerah ini, mulai dari ubi madu Patihan atau ubi pantai, sayur mayur, hingga bumbu seperti bawang merah dan lombok.

Kuliner Goa Cemara

Penyajian kuliner Goa Cemara juga beragam, bisa dinikmati langsung di warung atau restoran Goa Cemara maupun dihidangkan dengan konsep garden party.
Garden Party di Goa Cemara adalah penyajian prasmanan di Kebon Cemara, dengan dekorasi bernuansa alam pesisir pantai yang memang tak akan ditemukan di tempat lain. Rindangnya pohon cemara membuat suasana makan siang serasa romantis nan klasik. Garden Party bisa disisipkan dalam acara keluarga maupun kelompok, seperti outbound, family gathering, acara klub maupun private party dan ceremonial.
Area Kebon Cemara sangat luas, memungkinkan puluhan kelompok pengunjung melakukan kegiatan di Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara, dengan dukungan fasilitas yang banyak dan beragam untuk kebutuhan acara pengunjung di Goa Cemara.


Wisata Jip Jogja

Gambaran acara tour jip wisata Jogja, sebagai referensi untuk mengatur jadwal kunjungan wisata di Jogja.
Tour Pagi, meet point di hotel tempat menginap, bandara, terminal, atau stasiun. Penjemputan, bisa disesuaikan setelah sarapan. Untuk breakfast di restoran diluar hotel, jip wisata bisa sekalian mengantar ke restoran yang ditunjuk di lingkup jalur ke arah track spot jip wisata pantai.
Melanjutkan perjalanan, via Jl Parangtritis, Jl Bantul, atau Jl Imogiri. Jika durasi kunjungan memungkinkan, terdapat pilihan sub tujuan jip wisata di jalur ini sebagai pelengkap tour. Sementara masih tidak termasuk dalam paket, tambahan biaya menyesuaikan durasi dan jarak tempuh dari jalur utama. Pilihan waktu kunjungan sebaiknya pada perjalanan balik ke meet point, agar belanjaan tidak mengganggu di jip pada saat lintasan offroad dan durasi kunjungan bisa dimaksimalkan pada akhir acara.
1. Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan Bantul
2. Desa Wisata Kerajinan Bambu Krebet
3. Desa Wisata Tembi
4. Pusat Oleh-oleh


Track Wisata Jip Jogja

Perjalanan dilanjutkan menuju Jl Parangtritis, sampai ke Jembatan Kretek mengambil jalur menanjak memasuki arah Goa Jepang atau Watulumbung. 
Dua tempat ini berbeda jalur, namun menyuguhkan suasana dan kondisi lintasan yang hampir sama. Track ini mulai melintasi perbukitan kapur, dengan jalur berbatu dan cenderung tidak rata, sesekali licin berlumpur jika musim penghujan.

Bukit Paralayang


jip wisata jogja
View Bukit Paralayang

 Meski begitu, dengan driver berpengalaman perjalanan hanya akan terlihat asyik dan menyenangkan. Tour bisa berhenti untuk mengambil foto karena dua tempat ini sayang untuk tidak didokumentasikan.
Dari pilihan dua lintasan yang berbeda diatas, jalur jip wisata bertemu di check point Bukit Paralayang.
 Area luas di Bukit Paralayang cocok untuk dokumentasi kelompok, dengan ketinggian sekitar 200m berada persis di pinggiran bibir Pantai Parangtritis sebelah timur. Background langit dan laut lepas menjadikan kita seolah-olah berfoto di atas awan.
Tanpa halangan bangunan ataupun pepohonan, karena memang pada akhir taun di musim angin bagus disini diperuntukkan untuk olahraga paragliding dan paralayang. Pada musim paralayang peserta bisa menyaksikan atau bahkan ikut menikmati olahraga ini.

Parang Endog di Ujung Timur


jip wisata jogja
Suasana Di Parang Endog

Pemberhentian selanjutnya adalah di Parang Endog, ujung timur Kawasan Wisata Parangtritis yang berbatasan langsung dengan tebing dan karang pegunungan kidul.
Disini terdapat air terjun yang jatuh langsung ke pasir pantai, meskipun ketika puncak kemarau airnya kering.
Suguhan pemandangan karang, hamparan pasir dan laut lepas menjadikan obyek wisata alam ini ekslusif.
Memang hanya kendaraan 4x4 jip wisata Jogja yang mampu melintasi area ini tanpa kendala.


Pantai Parangtritis


jip wisata jogja
Wisata Jip Melintasi Parangtritis

Hamparan pantai dari ujung timur Parangtritis ke arah barat menjadi jalur lintasan selanjutnya, menyusuri bibir pantai menuju ke destinasi akhir melintasi beberapa obyek dengan tipikal pantai dan kondisi lintasan yang berbeda-beda. Pantai datar dengan batasan dinding karang di ujung timur, dilanjutkan hamparan rata Pantai Parangtritis dengan riuh pengunjung di hari libur dan sesekali melintasi sungai kecil tatkala musim berair.
Masuk ke track gumukpasir dengan tipe lintasan naik turun bukit pasir, jip wisata Jogja berbelok ke spot gumukpasir untuk berhenti sebentar. Disini pengunjung dapat mencoba sensasi sandboarding, yakni olahraga seluncur di atas pasir yang sangat spesial karena hanya ada satu-satunya di Asia. Lumayan menguras fisik, namun akan sangat terbayar dengan pengalaman unik yang tak ada duanya.
Selesai lintasan gumuk pasir, tour dilanjutkan kembali. Melalui lorong cemara, yakni lintasan aspal dengan rimbunan kiri kanan pohon cemara udang melewati pinggir luar Pantai Pelangi, Bandara Depok, dan Pantai Depok.


Pesona Pengklik Samas


Perjalanan jip wisata Jogja dilanjutkan memutar melintasi jembatan Kretek, menuju sisi barat Sungai Opak karena memang sungai besar ini mustahil dilewati. Melalui pedesaan, hamparan persawahan penduduk, area peternakan di sekitar tanggul Opak, menuju Pesona Pengklik.
Pesona Pengklik Samas

Pengklik adalah laguna dari Opak lama yang bertemu dengan muara Kali Joran. Disini kita bisa berlama-lama menikmati pemandangan laguna, dengan sisi utara adalah hamparan persawahan. Terdapat jungkung wisata, yakni kapal kecil untuk menikmati dan menjelajah laguna, sehingga wisatawan bisa berfoto di area muara, dengan batasan dinding gundukan pasir yang diseberangnya adalah deburan ombak laut lepas. Kapal menjelajah sampai ke kawasan Konservasi Mangrove Baros. Peserta jip wisata Jogja dapat berpartisipasi menanam mangrove yang memang disediakan oleh pengelola konservasi, menyusur kawasan dan berfoto ria ataupun sekedar menikmati jajanan khas Baros. Kembali ke Pengklik, menuju jip wisata untuk kemudian melanjutkan perjalanan.
Dari Pengklik dilanjutkan ke Samas, wilayah pantai dengan rimbunan hutan cemara di Kawasan Konservasi Alas Rondo. Track dengan sedikit bukit kecil khas gumuk pesisir, menyisir pantai virgin menuju Pandansari.


Pantai Pandansari Hingga Finish


Pemberhentian di Pantai Pandansari terdapat Kebun Buah Naga dan Mercusuar Pandansari. Pada musim buah, kita dapat memetik langsung buah naga dari pohonnya, dan menikmati di tempat yang notabene memang berada persis di bibir pantai selatan. Buah naga organik dari kebun buah naga Pandansari memang tidak berbuah sepanjang musim, namun hamparan pohon unik ini sangat sayang untuk dilewatkan. Puas dengan buah naga, dengan jarak kurang lebih 200m kiat mendapati Menara Mercusuar, yang mana pengunjung diperbolehkan naik dan berfoto di atas menara. Pemandangan unik dari ketinggian menghasilkan dokumentasi yang luar biasa. Pada sore hari, kita bisa menemukan suasana romantik eksotik, sunset di kawasan Pandansari.
Kurang lebih 10 menit dari Pandansari tour jip wisata Jogja finish di Kawasan Wisata Pantai Goa Cemara. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan disini, kita sesuaikan saja dengan waktu sama durasi kunjung. Mulai dari outbound, gathering, camping, atau sekedar makan sore dengan suasana kebun di pinggiran pantai.




Komentar